Kilas Berita 7

pasang iklan

pasang iklan
Klik pada gambar

Sabtu, 09 Juni 2012

5 Bendungan Tertinggi di Dunia

Kilas Berita7

Bendungan adalah bangunan yang dirancang secara teknologi guna membendung air sungai. Namun bencana banjir dahsyat akan segera terjadi bilamana bendungan jebol, sehingga ada yang sengaja merancang tinggi agar bendungan kokoh. Berikut 5 bendungan tertinggi di dunia:
1. Jembatan Nurek, Tajikistan (314 meter)
Bendungan Nurek adalah bendungan tertinggi di dunia yang membendung di Sungai Vakhsh di Tajikistan. Pembangunannyadimulai tahun 1961 dan selesai tahun 1980, saat Tajikistan masih jadi sebuah negara republik dalam Uni Soviet.
Jembatan Nurek, Tajikistan
2. Jembatan Grande Dixence, Swiss (284 meter)
Bendungan Grande Dixence adalah jembatan beton grativitas yang terletak di pusat wilayah Val d’Hérens.Ini adalah jembatan tertinggi di Eropa. Jembatan ini menghasilkan hidroelektrik dengan empat stasiun inti yang menghasilkan kapasitas listrik 2.069 MW yang cukup untuk 400.000 rumah tangga.
Jembatan Grande Dixence, Swiss
3. Bendungan Inguri, Georgia (272 meters)
Bendungan ini merupakan bendungan hidroelektrik, yang sempat jadi yang tertinggi di dunia. Terletak di sebelah utara Kota Jvari, bendungan ini merupakan bagian dari pembangkit hidroelektrik Inguri yang sebagian terletak di Kota Abkhazia.
Bendungan Inguri, Georgia
4. Bendungan Vajont Dam, Italia (262 meter)
Dengan ketinggian 262 meter dan tebal tembok dasar 27 meter, bendungan ini dibuat sebagai respon atas kecerobohan pada tahun 1963 yang mengabaikan ketidakstabilan geologi Monte Toc di sisi selatan cekungan. Kala itu, peringatan tanda-tanda dan penilaian negatif selama tahap awal pengisian diabaikan, sehingga terjadi banjir besar yang menghancurkan lembah Piave bawah dan memusnahkan beberapa desa.

Vajont, Italy
5. Bendungan Tehri, India (261 meter)
Bendungan ini merupakan bangunan yang utama milik Tehri Hydro Development Corporation Ltd., sebuah perusahaan hidroelektrik yang berkantor pusat di Uttarakhand, India. Terletak di Sungai Bhagirathi, bendungan ini merupakan penampung utama Sungai Gangga, dengan tinggi bendungan 261 meter. (**)
Bendungan Tehri, India
Sumber: Mostinteristingfact

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...