Kilas Berita 7

pasang iklan

pasang iklan
Klik pada gambar

Rabu, 06 Juni 2012

Unik! Ada Bentangan Salju Runcing di Pegunungan Andes

Kilas Berita7


Penitentes di Andes (sumber: Amusing Planet) 
Penitentes yang melebihi tinggi manusia (sumber: Amusing Planet)

Penitentes yang melebihi tinggi manusia (sumber: Amusing Planet)


Salju yang bertebaran (sumber: Amusing Planet)

Salju yang bertebaran (sumber: Amusing Planet)

Sebuah pemandangan unik bisa Anda lihat jika berkunjung ke Pegunungan Andes di Benua Amerika. Pegunungan panjang ini ternyata dipenuhi dengan salju berbentuk aneh, lancip seperti pisau. Warga setempat menyebutnya Penitentes.
Andes adalah pegunungan terpanjang di dunia, yang membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan. Penasaran berapa panjangnya? Ternyata lebih dari 7.000 km dengan lebar mencapai 500 km. Wow!
Ditengok dari Wikipedia, Rabu (6/6/2012), Pegunungan Andes terbentang melewati tujuh negara, yaitu Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Peru dan Venezuela. Mengingat panjangnya yang mencapai ribuan kilometer, tak heran jika pegunungan ini melintasi banyak negara.
Ada yang menarik dari puncak di Pegunungan Andes ini, yaitu kumpulan salju dengan bentuk tak biasa. Puncaknya berada di atas 4.000 mdpl dan suhunya yang dingin membuat puncak ini dipenuhi salju. 
Uniknya, salju yang bisa Anda lihat ini bukanlah salju tebal seperti yang ada di Puncak Jayawijaya di Papua, Indonesia. Salju di Puncak Andes membeku dan berbentuk lancip serta tajam di bagian ujungnya. Persis seperti pisau!
Warga setempat menyebut salju tajam ini dengan nama Penitentes. Penitentes memang banyak ditemukan di sepanjang Pegunungan Andes, terutama di bagian Argentina dan Chili.
Jika penasaran, Anda bisa langsung datang ke Pegunungan Andes di dua negara tersebut. Siapkan fisik sebelum mendaki pegunungan ini. Jangan lupa mengenakan mantel tebal karena dingin yang sangat menggigit!
Penitentes di Puncak Andes bisa Anda lihat dalam berbagai ukuran, mulai dari beberapa sentimeter, hingga seukuran manusia. Jika melihat penitentes yang tingginya melebihi ukuran manusia, mungkin Anda telah bertemu dengan Penitentes terbesar di Andes yang mencapai 5 meter.
Keberadaan Penitentes di Pegunungan Andes sudah banyak diketahui wisatawan. Tak sedikit pula turis yang datang ke Andes hanya untuk melihat langsung fenomena alam ini. Kini giliran Anda, segera keluarkan kamera dan abadikan momen berada di tengah-tengah salju lancip Pegunungan Andes.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...