Kilas Berita 7

pasang iklan

pasang iklan
Klik pada gambar

Rabu, 25 Juli 2012

Cincin Vagina Pencegah HIV Sedang Diuji Coba

Kilas Berita7 =>
 

Para peneliti tengah menguji efektifitas penggunaan cincin vagina yang melepaskan obat HIV untuk mencegah para perempuan terinfeksi virus penyebab AIDS itu.

Uji coba tengah dilakukan di dua klinik kesehatan di Afrika yang penggunaan cincin vagina diterapkan untuk sebulan. Seperti dilansir dari Reuters.

Penelitian akan menguji efektivitas cincin vagina yang mengandung obat antiretroviral dapivirine dalam ribuan perempuan di beberapa negara Afrika untuk mengevaluasi kemampuannya mencegah infeksi baru HIV dan jangka panjang keamanan pemakaiannya.

"Jika efektif, cincin itu akan menambahkan lamanya reaksi toolkit berbasis teknologiuntuk pencegahan HIV bagi perempuan,” ujar Dr Zeda Rosenberg, CEO International Partnership untuk Mikrobisida (PHT), sebuah kelompok nirlaba yang didirikan oleh Rosenberg yang sedang mengembangkan cincin.

Karena hanya perlu diganti sebulan sekali, cincin itu dapat membantu mengatasi beberapa masalah asal perempuan secara konsisten menggunakan gel vagina setiap kali mereka berhubungan seks. 

Demikian dikatakan Rosenberg saat briefing pada Konferensi AIDS Internasional di Washington.

Penggunaan yang tidak teratur diduga menjadi alasan sebuah studi besar dari gel mikrobisida mengandung tenofovir obat anti-HIV gagal mencegah infeksi pada perempuan di sub-Sahara Afrika.

PHT memiliki perjanjian bebas royalti lisensi dengan unit Janssen Johnson & Johnson di Irlandia untuk menggunakan produk dapivirine ARV dalam bentuk gel dan cincin untuk mencegah infeksi HIV di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Dapivirine merupakan bagian dari kelas obat antiretroviral yang telah lama digunakan untuk mengobati HIV dan mencegah penularan virus dari ibu ke anak.

Penelitian ASPIRE akan menguji cincin terhadap 3.476 wanita berusia 18 hingga 45 di Malawi, Afrika Selatan, Uganda, Zambia dan Zimbabwe.

Para wanita akan ditawarkan kondom dan konseling tentang pencegahan HIV, dan diajarkan bagaimana penggunaan cincin vagina. Pada kunjungan bulanan, peneliti akan melacak apakah wanita masih menggunakan ring dan memberi mereka pengganti.

Wanita-wanita yang hamil selama penelitian akan menghentikan penggunaan ring, dan keselamatan mereka dan anak mereka akan terus dipantau.

Dr Saidi Kapiga dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine, yang mengkoordinasi studi cincin di Afrika dan juga telah melakukan tes gel vagina untuk perlindungan HIV, mengatakan, sudah ada tanda-tanda bahwa wanita lebih suka pilihan baru.

"Hal ini dapat diterima," kata Kapiga. "Fakta bahwa mereka menggunakan hanya sekali dalam empat minggu adalah keuntungan besar."

Kedua percobaan yang dirancang untuk mendeteksi setidaknya penurunan 60% risiko HIV, namun para peneliti mengatakan mereka berharap hasilnya sudah bisa diperoleh pada tahun 2015.

"Jika terbukti efektif, saya pikir ini benar-benar akan merevolusi pencegahan bagi perempuan," kata Dr Sharon Hillier, yang mengepalai Jaringan mikrobisida Ujian di University of Pittsburgh School of Medicine. [reuters/inilah.com]

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...