Kilas Berita 7

pasang iklan

pasang iklan
Klik pada gambar

Jumat, 06 Juli 2012

Ingin Awet Muda? Makan Saja Gooseberry

Kilas Berita7 =>

Satu lagi jenis buah berry yang memamerkan manfaat. Meskipun masih terdengar asing, buah gooseberry ternyata punya banyak manfaat. Kandungan nutrisinya juga tak kalah banyak dengan jenis buah berry lainnya.

Tanaman asal Eropa ini masuk kedalam spesies Ribes. Banyak tumbuh di Afrika Barat, Selatan dan Asia Tenggara. Batang tanaman ini berduri dan bertumbuh bunga dengan batang yang pendek. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau ditanam hanya sebagai tanaman hias.

Tinggi tanaman bisa mencapai 1-3 meter, batang pohonnya bercabang dan berduri tajam. Meskipun tumbuh liar, varietasnya tetap di budidayakan. Ukuran buahnya kecil, umumnya berbulu. Ada yang berwarna merah keunguan dan hijau.

Kalau di India buah gooseberry sering dibuat acar. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, buah ini juga dijadikan untuk obat. Buah yang mengandung kalori rendah ini, juga memiliki phytochemical fenolik terutama flavon, dan antosianin. 

Kedua zat tersebut bermanfaat untuk melawan kanker, mencegah penuaan dini dan penyakit saraf.Tiap buahnya kaya akan vitamin C, A dan vitamin B-kompleks. 

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa, konsumsi gooseberry yang kaya vitamin C dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini kaya akan mineral yang cukup seperti tembaga, kalsium, mangan, magnesium dan kalsium.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...