Kilas Berita 7

pasang iklan

pasang iklan
Klik pada gambar

Jumat, 06 Juli 2012

Inikah Makanan Pesawat Tersehat di Dunia?

Kilas Berita7 =>
 

Inikah Makanan Pesawat Tersehat di Dunia?
Jakarta - Kita sering mendengar bahwa salmon mengandung nutrisi yang baik untuk otak. Biji-bijian utuh dan salad juga tak kalah sehat. Bagaimana kalau makanan bergizi tersebut dipadukan menjadi sepaket makanan paling sehat di dunia?
Di Eropa, tidak sembarang produk pangan dapat mengklaim memiliki manfaat kesehatan. Semuanya harus melalui pengujian dan mematuhi aturan ketat. European Food Safety Authority (EFSA) adalah salah satu lembaga yang memberikan nasihat ilmiah terkait keamanan dan nutrisi makanan. Butuh waktu 5 tahun untuk mengurangi 44,000 klaim kesehatan menjadi 222 aturan final.
Rupanya ketentuan ini menginspirasi Leatherhead Food Research, pusat penelitian ilmu pangan dan legislasi yang berbasis di London, Inggris. Dr. Paul Berryman sebagai CEO menantang timnya yang terdiri dari pakar sains, perundang-undangan, dan pemasaran untuk merancang makanan yang mengandung seluruh 222 manfaat kesehatan.
Berryman mendapatkan ide ini saat di perjalanan pulang dari konferensi pangan di Jenewa, Swiss. "Saya membayangkan makanan pesawat yang mengandung 222 manfaat kesehatan. Meski tak mudah, kami berhasil mengerjakannya dalam waktu seminggu," ujar Berryman.
Makanan ini khusus dirancang untuk penerbangan jarak jauh. Di dalamnya terkandung mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya yang dianggap sehat oleh EFSA. Menunya lengkap, mulai dari appetizer hingga dessert, snack, dan minuman. Ada apa saja?

- Fresh and smoked salmon terrine: mengandung ALA dan DHA untuk fungsi otak dan hati
- Mixed leaf side salad with extra virgin olive oil dressing: mengurangi kadar kolesterol dalam darah
- High fibre multigrain bread roll: mengandung 17 manfaat kesehatan dari serat, folat, dan arabinoxylan
- Chicken casserole with lentils & vegetables: untuk penyerapan zat besi, vitamin, dan mineral
- Live yoghurt blancmange: mengurangi kolesterol, menyehatkan usus, dan mengontrol gula darah
- Walnut snack: meningkatkan elastisitas pembuluh darah
- Mixed berry meal replacement shakes: minuman pengganti makan untuk yang sedang berdiet
- Hot chocolate: untuk mengatasi jet lag
- Cranberry, raspberry, & elderflower sports drink: mengandung energi, vitamin, dan elektrolit
- Pure spring water: mengatasi dehidrasi

Selain 10 makanan dan minuman di atas, ada pula pelengkap lain yang membuat perjalanan nyaman. Di dalam paket ini terdapat tablet arang untuk mengurangi gas berlebih di perut. Ada pula permen karet bebas gula untuk menyegarkan nafas dan menetralkan asam plak setelah makan. Mengunyah permen karet juga dapat mengurangi tekanan di telinga saat terbang.
Leatherhead telah membuat poster berisi foto kotak makan tersebut beserta deskripsi 222 manfaat kesehatan yang terdapat dalam seluruh komponen. "Namun, formula makanan pesawat kami hanyalah ilustrasi dari apa yang dapat kami lakukan," jelas Berryman. Jadi makanan pesawat ini belum tersedia untuk publik, masih dalam bentuk desain.
Sebelumnya, Chef Gurparet Bains dari India mengklaim telah membuat makanan tersehat di dunia. Kari yang ia ciptakan mengandung superfood seperti blueberry, goji berry, dan daging ayam. Menurut Bains, hidangan tersebut dapat memerangi sel penyebab kanker. Jahe, cabai, kunyit, dan bawang putih di dalamnya juga mengandung zat antibakteri dan antivirus. (detikfood)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...